Kisah Tokoh Wayang Kulit Karna/ - Ki Ghaib Siswoyo

 

kisah tokoh wayang kulit Karna

Kisah Tokoh Wayang Kulit Karna/ - Ki Ghaib Siswoyo. Kisah kelahiran wayang kulit adipati Karna/Karno/Suryatmaja, Cerita Karna tanding melawan Arjuna.

Karna merupakan saudara kandung dari Pandawa Lima, karena sama-sama lahir dari Dewi Kunthi Talibrata namun beda bapak. Jika Pandawa Lima adalah hasil perkawinan antara Dewi Kunthi Talibrata dengan Prabu Pandu Dewanata, sedangkan Karna lahir dari perkawinan antara Dewi Kunthi Talibrata dengan Dewa Surya.

Kisah kelahiran Karna berawal dari Dewi Kunthi yang sedang mandi terkesima oleh matahari. Karena Kunthi memiliki ilmu yang bernama “Aji Kuntha Wekasing Rasa Sabda Tunggal Tanpa Lawan” yang mana ilmu tersebut dapat mendatangkan dewa dari kayangan maka Batara Surya turun ke bumi dan menghampiri Kunthi yang sedang mandi. 

Karena Karna atau Suryatmaja adalah anak atau titisan dari dewa, maka dia memiliki ilmu yang tinggi. Maka dari itulah Karna yang dapat membunuh raja raksasa yang bernama Yudha Kalakarna atas bantuan Permadi atau Arjuna. Dan sejak itu Karna menjadi raja di negeri Awangga dan bergelar Prabu Basukarna.

Pada kisah perang Baratayuda Jaya Binangun, Karna dapat membunuh Gatot Kaca dengan ilmu Kunta Wijaya Danu. Pada perang berikutnya Karna tanding dengan Arjuna namun pada akhirnya Karna kalah dengan senjata panah pasapati.

Karna adalah seorang pahlawan bagi Pandawa Lima, karena walaupun secara fisik di pihak Kurawa namun secara hati dia dipihak Pandawa.

Bagaimana kisah selanjutnya dari sosok Karna ini? Tonton cerita lengkapnya hingga selesai di video kami.

Dukung kami dengan cara Subscribe, Like, Komentar dan Share kepada teman, sahabat dan saudara anda lainnya agar kami dapat terus memberikan atau menayangkan cerita – cerita yang menarik lainnya serta pagelaran wayang yang bermanfaat untuk Anda semua.

Gambar wayang kulit terkait Karna
(keterangan gambar lengkap, silahkan tonton videonya)

karna.gambar.wayang.kulit

dewi.kunthi.talibrata.gambar.wayang.kulit

dewi.kunthi.talibrata.batara.surya.gambar.wayang.kulit

dewi kunthi talibrata dan pandudewanata

batara.surya.gambar.wayang.kulit









 




Subscribe to receive free email updates: